Sabtu, 15 Agustus 2015

BERAS HITAM
Beras Hitam adalah bahan pangan bukan obat. Walaupun bisa saja berfungsi sebagai obat pada keadaan tertentu. Seperti pangan pada umumnya, manfaat atau kasiat yang ada pada beras hitam lebih kepada pencegahan penyakit daripada mengobati. Adapun manfaat utama pada beras hitam adalah sebagai berikut :
  1. Mencegah Kanker. Beras hitam dikatakan bermanfaat mencegah kanker karena dalam beras hitam memiliki kandungan antosianin yang tinggi. Berdasarkan banyak riset, antosianin ini merupakan salah satu antioksidan yang sangat kuat. Sebaimana diketahui secara luas, zat antioksidan berperan aktif untuk mencegah penyakit kanker.
  2. Mencegah Diabetes. Nilai kalori beras hitam terendah dibanding dengan jenis beras lainnya, yaitu sekitar 362 kcal/100g. Kandungan kalori ini berkaitan erat dengan indeks glikemik. Indek glikemis merupakan angka yang menunjukkan seberapa besar suatu makanan bisa meningkatkan kadar gula dalam darah setelah dikonsumsi. Semakin tinggi indeks glikemik, maka makanan tersebut akan memicu kenaikan gula darah semakin tinggi pula. Sehingga beras hitam digolongkan sebagai pangan sehat dan dianjurkan bagi penderita diabetes.
  3. Mencegah Penyakit Jantung. Beras hitam memiliki kandungan serat yang tinggi. Ini teras dari rasanya yang sedikit pera, tidak sepulen beras putih. Setiap makan yang memiliki kadar serat tinggi tentu akan berperan aktif memelihara kesehatan jantung anda.
  4. Obat Anemia. Kandungan zat besi beras hitam tinggi mencapai 15,52 ppm. Zat besi merupakan salah satu unsur penting dalam pembentukan darah (hemoglobin). Karena itu makanan yang kaya zat besi sangat dianjurkan bagi penderita anemia.
  5. Anti Aging (Mencegah Penuaan Dini). Hal ini masih terkait dengan antioksidan dalam beras hitam. Antioksidan diketahui juga berperan dalam memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak. sehingga apabila sel-sel tubuh cepat memperbaiki diri, seseorang akan terlihat lebih bugar dan awet muda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar