Jumat, 18 September 2015

KADO ULANG TAHUN BUAT SUAMI / ISTRI




PENYEBAB TERLAMBAT DATANG BULAN DAN CARA MENGATASINYA

Wajib baca Bunda!!!

Secara umum penyebab terlambat datang bulan antara wanita satu dan yang lain tidak selalu sama. Artinya ada beberapa kemungkinan mengapa seorang wanita terlambat haid atau menstruasi.

Sebelumnya kami akan jelaskan dulu secara singkat mengapa bisa terjadi menstruasi pada wanita. Haid atau menstruasi secara normal pada wanita biasanya terjadi setiap bulan dan berlangsung selama beberapa hari. Hal ini dikarenakan luruhnya dinding rahim akibat tidak dibuahi. Oleh karena itu mekanisme yang ada pada tubuh memaksakan dinding rahim luruh supaya bisa membentuk dinding rahim yang baru lagi. Lalu jika memang normalnya terjadi secara rutin sebulan sekali, mengapa ada wanita yang mengalami telat datang bulan?



Apa penyebab terlambat datang bulan?

1. Masalah Psikis

Hal pertama yang kemungkinan besar bisa mengakibatkan seorang wanita terlambat datang bulan adalah karena faktor psikis. Menurut para dokter kandungan, faktor psikis seperti kurang istirahat, lelah bekerja atau karena stres. Maka dari itu supaya siklus haid Anda tetap stabil setiap bulannya, pastikan Anda menjaga kondisi psikis Anda dengan baik. Akan tetapi jika Anda sudah menikah dan beranggapan bahwa telat datang bulan ini adalah tanda-tanda hamil, Anda bisa memastikannya dengan menggunakan test pack.

2. Faktor Usia

Selain karena masalah psikis, faktor penyebab terlambat datang bulan lainnya bisa berupa faktor usia. Pasalnya seorang wanita yang usianya 25 – 35 tahun, 60 persennya mengalami siklus haid dengan jarak waktu antara 25-28 hari. Sedangkan bagi Anda para remaja atau yang usianya masih 20 tahun atau di bawahnya, secara umum siklus haid memang akan sering terlambat. Akan tetapi Anda tidak perlu khawatir karena ada banyak cara mengatasi terlambat datang bulan dengan metode-metode yang alami.

3. Faktor PCO

Faktor PCO atau polycytstic ovary adalah kondisi ketika sel telur berjumlah sangat banyak. Selain itu ukuran sel telur juga terlalu kecil dan membuat sel telur sulit berkembang. Kondisi seperti itulah yang dimaksud sebagai faktor PCO. Wanita yang mengalami kondisi tersebut akan mengalami gangguan kesehatan hormonal. Dan inilah yang menjadi penyebab terlambat datang bulan pada seorang wanita. Pasalnya dinding rahim akan menebal karena sel telurnya tidak pecah selama berbulan-bulan. Bahkan selain telat haid, kemungkinan lain yang bisa terjadi adalah sulit hamil.

4. Kegemukan atau Obesitas

Perlu Anda ketahui bahwa ternyata obesitas atau kegemukan bisa disebabkan oleh tingginya jumlah hormon estrogen. Di mana estrogen adalah hormon yang diproduksi oleh indung telur. Bagi wanita yang mengalami kegemukan atau obesitas, maka endometrium akan dipertahankan oleh indung telur. Hal inilah yang akhirnya membuat haid atau datang bulan pada wanita yang mengalami obesitas tertunda. Maka dari itu menjaga berat badan yang ideal juga cukup disarankan supaya siklus haid Anda tetap normal.

5. Faktor Kelainan

Yang kami maksudkan di sini adalah kelainan anatomi dan non anatomi. Untuk faktor kelainan anatomi misalnya seperti penyakit kista ovarium, myoma uteri, atau bahkan kanker ternyata juga bisa membuat siklus haid terlambat atau tertunda. Sedangkan untuk faktor non anatomi bisa berupa gangguan hormonal seperti yang tadi sudah kami jelaskan. Faktor non anatomi lain yang bisa menjadi penyebab terlambat datang bulan adalah penggunaan alat kontrasepsi yang mengakibatkan pembekuan darah.

Cara Mengatasi Terlambat Datang Bulan dengan Metode Alami



Lima penyebab terlambat datang bulan tadi tentunya tidak bisa disamakan antara satu wanita dengan wanita lain. Pasalnya setiap kasus telat haid pada wanita pasti punya alasan tersendiri. Dan yang perlu Anda catat di sini adalah bahwa terlambat datang bulan bukan berarti seorang wantia sudah pasti hamil. Namun ada kemungkinan lain yang sedang terjadi pada tubuh si wanita. Untuk mengatasi hal tersebut, ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh para wanita.

Jika Anda mengalami siklus datang bulan yang datang terlambat, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah tetap tenang dan jangan panik. Jangan berpikir terlalu jauh sebelum Anda tahu fakta-faktanya. Ketahui apa yang belakangan ini sedang Anda alami, dan carilah pokok permasalahan mengapa Anda bisa sampai telat haid. Dan cara mengatasi terlambat datang bulan adalah dengan menambah waktu istirahat Anda, karena mungkin kasus telat haid tersebut terjadi karena Anda terlalu lelah.

Jika memang penyebab terlambat datang bulan yang Anda alami adalah karena stres atau terlalu penat beraktivitas, cobalah untuk mengembalikan kondisi mental dan fisik Anda. Mungkin bisa dengan cara beristirahat sambil mendengarkan musik, melakukan hobi yang membuat Anda bahagia, berlibur, dan sebagainya. Namun apabila dalam waktu yang cukup lama haid masih belum normal juga, lebih baik Anda periksakan diri ke dokter. Bisa jadi Anda benar-benar sedang hamil atau bisa jadi di rahim Anda sedang terjadi gangguan. Kalau Anda tidak sempat ke dokter Anda bisa memeriksa rahim Anda sendiri apakah Anda benar sedang hamil atau tidak dengan melakukan tes urin menggunakan alat test pack.
Cara mengatasi terlambat datang bulan yang lain adalah dengan menjaga pola tidur Anda supaya fungsi hormonal tidak terganggu. Untuk melancarkan fungsi hormonal dan juga peredaran darah Anda juga bisa melakukan olahraga secara rutin. Berolahragalah minimal 3-4 kali setiap minggunya supaya kondisi kebugaran tubuh Anda tetap terjaga. Untuk ramuan tradisionalnya, Anda bisa mengonsumsi air jeruk nipis di pagi hari atau mengonsumsi segelas air rebusan daun sirih tiga kali sehari.
Semoga bermanfaat



Maksimalkan Program Hamil bunda dengan Natural CX. Kami telah mengirim RIBUAN PAKET ke Seluruh Indonesia. Silahkan langsung SMS ke CS kami bund untuk info pemesanan dan ongkos kirim.

Telp/sms : 081 225 378 009

Pin BB      : 7a47ffce

1 komentar: