Rabu, 02 September 2015

MAKANAN YANG MENGANDUNG ASAM FOLAT UNTUK PERSIAPAN HAMIL




Makanan yang mengandung asam folat dinilai memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Untuk ibu yang sedang merencanakan kehamilan ataupun ibu hamil makanan yang mengandung asam folat sangat penting untuk perkembangan janinnya supaya tumbuh normal dan tidak mengalami kecacatan.

Seperti jenis vitamin lainnya, asam folat juga mudah rusak jika terkena suhu terlalu panas, oleh karena ketika mengolah atau memasak jenis-jenis bahan makanan yg mengandung asam folat sebaiknya tidak terlalu lama memasaknya dalam suhu tinggi.

Ragam Jenis Makanan Yang Mengandung Asam Folat Tinggi

1. Kacang-Kacangan                                          


Asam folat atau vitamin B9 banyak terdapat pada jenis kacang-kacangan. Bukan hanya asam folat, tetapi beberapa jenis kacang-kacangan juga mengandung banyak nutrisi penting lainnya, seperti kalsium, protein dan juga vitamin D yang tak kalah pentingnya untuk kesehatan tubuh Anda. Dengan mengonsumi satu cangkir kacang, Anda akan mendapatkan asupan sekitar 180 mikrogram folat. Jumlah tersebut sudah mencakup hampir setengah dari jumlah asam folat yang dibutuhkan tubuh setiap harinya. Kacang-kacangan yang mengandung asam folat adalah semua jenis kacang-kacangan, sejenis kacang merah, kacang hijau (beans) dan juga kacang tanah (peanuts).

2. Buah-Buahan




Sumber utama vitamin secara alami adalah buah-buahan, dan asam folat adalah salah satu jenis vitamin. Buah yang mengandung asam folat contohnya melon, pisang, mangga, alpukat, dan keluarga citrus, yaitu segala macam jeruk. Kandungan vitamin C dan folat yang ada pada jenis buah-buahan tersebut dinilai sangat bermanfaat untuk bisa menguatkan sistem kekebalan tubuh. Jeruk, pisang, dan alpukat adalah sumber asam folat untuk ibu hamil, sehingga buah ini bagus untuk ibu hamil.

3. Sayuran
 


Makanan yang mengandung asam folat selanjutnya adalah jenis sayuran berdaun hijau, terutama berwarna hijau gelap. Contoh sayuran ini adalah brokoli, asparagus, selada, kubis, sawi, dan bayam. Berbagai jenis sayuran ini termasuk mudah didapatkan. Selain kaya asam folat, sayuran juga kaya berbagai nutrisi lain. Sedangkan untuk ibu hamil yang paling bagus adalah bayam, brokoli, dan asparagus karena juga mengandung nutrisi lain yang cocok untuk kehamilan.

4. Hati Hewan



Mungkin jenis makanan yang mengandung asam folat ini lebih sering dihindari oleh orang-orang yang sedang diet atau sedang menjaga kesehatan karena cukup banyak mengandung lemak dan kolesterol. Akan tetapi jangan pandang hati hewan dari sisi buruknya saja, karena ternyata ada keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi hati hewan.

Hati hewan mengandung asam folat yang cukup banyak sama seperti beberapa jenis makanan yang tadi sudah dibahas. Akan tetapi bagi ibu hamil, meskipun termasuk makanan yang mengandung asam folat dan dha, sebaiknya hindari mengonsumsi hati hewan.
share ya biar bermanfaat....









Untuk pemesanan hub. hp 081225378009 pin BB 7A47FFCE

Tidak ada komentar:

Posting Komentar