Sabtu, 15 Agustus 2015

Beras Merah

Beras merah sering digunakan sebagai menu diet sehat untuk menurunkan berat badan serta bagi penderita diabetes. Beras merah memang termasuk ke dalam jenis makanan pokok yang mengandung karbohidrat di dalamnya. Beras merah biasa dimakan seperti nasi putih yang umumnya dikonsumsi orang Indonesia.

Seiring berjalannya waktu, penduduk Indonesia mulai menyadari keunggulan beras merah dibandingkan beras biasa yang digunakan sebagai makanan pokok. Nasi putih memang memiliki rasa yang lebih enak daripada beras merah, namun beras merah mengandung zat gizi baik yang tidak dipunyai nasi putih. Berikut ini saya kupas mengenai kandungan dan manfaat beras merah.

Setiap 1,5 cangkir /porsi beras merah dimasak memiliki kurang dari 110 kalori. Persentasi kandungan beras merah ini membentuk persentase :
  • Karbohidrat-85% (8% berasal dari protein dan 7% lemak)
  • Serat-7% ( dari serat dibutuhkan untuk diet 2000 kalori)
  • Vitamin B- (sejumlah kecil Thiamin, riboflavin, vitamin B-6, folat dan niacin). Manfaat vitamin B ini cenderung untuk bekerja bahu-membahu untuk menarik energi dari makanan yang di makan, selain itu mendukung proses otak dan pembentukan sel.
  • Magnesium, fosfor dan Kalsium- untuk menjaga kesehatan tulang yang kuat.
  • Kalium- untuk keseimbangan cairan dan fungsi jantung.

Manfaat Beras Merah Untuk Kesehatan
  1.  Menurunkan Berat Badan. 
Banyak orang yang sudah merasakan keampuhan beras merah untuk menurunkan berat badan. Selain     karena rendahnya kandungan kalori pada beras merah akan sangat efektif membantu mencegah perut buncit atau kelebihan kalori. Bagaimana beras merah melakukannya?? Kandungan karbohidrat komplek beras merah akan menyuplai energi secara berkala pada tubuh sehingga perut tidak cepat merasakan lapar. Jika mengkonsumsinya ditambahkan juga dengan manfaat buah apel pada menu makanannya, program diet pun akan menghasilkan bentuk tubuh yang sangat indah dan snagat efektif.

      2.  Sehat Untuk Pencernaan

Kandungan serat yang tinggi pada beras merah juga menyehatkan pencernaan sehingga menghindari permasalahan kesehatan yang dapat muncul dikemudian hari. Jadi mulai saat ini konsumsilah makanan alami untuk menjaga kesehatan jangka panjang. Serat ini sangat baik untuk usus dan membantu lancarnya metabolisme tubuh.

      3. Mengontrol Gula Darah/Baik Untuk Penderita Diabetes

Bagi yang menderita diabetes, sangat dianjurkan beralih dari beras putih ke beras merah karena kandungan serat yang sangat tinggi dan kalori yang lebih rendah dibandingkan beras putih. 

      4. Menurunkan LDL (kolestrol jahat) dan Meningkatkan HDL (kolestrol baik)

Jika seseorang mengalami masalah dengan kolestrol, seperti halnya diabetes, sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi beras merah daripada beras putih sebagai makanan pokok.

      5. Mencegah Terjadinya Batu Empedu

dalam berbagai penelitian, makanan tinggi serat sangat dikaitkan dengan pencegahan batu empedu. serat sangat mudah dicerna sehingga membantu dalam melarutkan sisa makanan untuk membantu empedu yang sehat.

      6. Sumber Antioksidan

Beras merah merupakan salah satu sumber yang sangat baik untuk antioksidan, kandungan berbagai vitamin dan mineral yang terdapat di dalamnya dapat membantu membuang radikal bebas dalam tubuh.

      7. Menjaga Kesehatan Tulang

Magnesium merupakan zat selain vitamin D dan Kalsium yang berperan penting dalam menjaga kesehatan tulang dan gigi. Kandungan nutrisi magnesium  juga terdapat pada beras merah sehingga membuatnya dapat membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi.

      8. Mencegah Kanker

Selenium dan Polifenol yang terkandung dalam beras merah diyakini dapat mencegahkanker usus besar. Selain itu kandungan serat dan antioksidan yang tinggi tentu dapat membantu menghindari berbagai jenis kanker dan menagkal radikal bebas. 

Nah...banyak banget kan manfaat beras merah untuk menjaga kesehatan? Jadi tunggu apalagi?



3 komentar: